27 Juli 2008

Atheros 5007 di Ubuntu 8.04 Hardy Heron

Alhamdulillah setelah satu malem begadang utak-atik driver wireless Atheros 5007 akhirnya bisa konek juga, berkat kerja keras dan jasa om google akhirnya aku menemukan sebuah cara yang sangat ampuh. Aku berniat untuk membagi pengalaman ini pada temen-temen di dunia maya semoga bermanfaat jika menemukan permasalahan yang sama seperti ini.

Aku pak laptop acer aspire 5610 dengan chipset WLAN atheros 5007. Aku dah coba install pake driver madwifi dengan cara biasa ternya tidak berhasil sampai aku menemukan cara dibawah ini. Ayo kita mulai:

  • Pertama-tama masuk ke SystemàAdministrationàHardaware Drivers kemudian nonaktivkan interface wireless lan dengan cara menghilangkan centang pada (Atheros Hardware Access Layer (Hal)).
  • Setelah itu Restart Komputer.
  • Aktifkan command line /terminal console kemudian ketikkan perintah sudo apt-get install build-essential
  • Download driver madwifi melalui console dengan perintah wget http://snapshots.madwifi.org/special/madwifi-ng-r2756+ar5007.tar.gz
  • Extract file yang telah di download dengan perintah tar xvfz madwifi-ng-r2756+ar5007.tar.gz
  • Masuk ke dalam directory madwifi cd madwifi-ng-r2756+ar5007
  • Ketikkan perintah make tunggu sampai selesai kemudian sudo make install
  • Selanjutnya Ketikkan perintah sudo modprobe ath_pci
  • Restart Komputer Sudo Reboot
  • Selesai


     

Cara diatas berlaku untuk processor keluarga i386. Untuk AMD menyusul

Selamat Mencoba dan Good Luck.

Tidak ada komentar: